Bahaya, Segera Hapus 15 Aplikasi ini dari Android

Setelah diketahui adanya malware Joker, sekarang ditemukan lagi aplikasi berbahaya yang beredar di Play Store. Aplikasi ini mengandung Adware dengan tujuan penipuan.

Sebelumnya diketahui bahwa adware merupakan sejenis script iklan yang disertakan dalam sebuah aplikasi atau software adalah untuk tujuan mendapat uang.

Kali ini adware yang disertakan cukup berbeda, dimana ditemukan adanya indikasi penipuan yang merugikan pengguna.

Aplikasi-aplikasi yang ditanam adware berbahaya ini mengintai orang-orang yang suka mengedit foto, dimana aplikasi ini menawarkan fitur edit foto yang simple.

Perusahaan keamanan asal Inggris, Sophos, mengungkapkan bahwa terdapat 15 aplikasi yang mengandung malware berbahaya dengan tujuan penipuan didalamnya. Sebagaimana dikutip dari Express, senin (14/10/2019).

Parahnya, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1,3 juta kali melalui Play Store.

aplikasi_berbahaya_di_android

Aplikasi Berbahaya di Android

Dikabarkan bahwa aplikasi ini mampu menyamar sehingga seolah tidak terjadi masalah, tapi sebenarnya tertanam sebuah adware dengan tujuan menipu penggunanya.

Aplikasi yang telah dipublish Shopos didominasi aplikasi edit foto, dengan size yang kecil dan fitur yang menarik pengguna untuk mendownload.

Meningkatnya penggunaan layanan media sosial dimana orang-orang sering mengunggah foto menjadi alasan mengapa banyak aplikasi foto editor yang ditanam adware serta malware.

Sebagai antisipasi sekaligus waspada terhadap hal yang tidak diinginkan, ada baiknya hanya menggunakan aplikasi dari developer besar.

Misalnya: Snapseed, Lightroom, PicsArt dan sebagainya.

Daftar Aplikasi Edit Foto Berbahaya di Android

Ada kemungkinan bahwa jumlah aplikasi yang tertanam malware atau adware masih banyak, jadi sebaiknya pandailah dalam memilih aplikasi.

Aplikasi seperti ini kebanyakan menawarkan fitur menarik dengan size yang kecil, dan akan lebih berbahaya bila menggunakan aplikasi yang di download dari luar Play Store.

aplikasi_berbahaya_di_android


Berikut daftar aplikasi berbahaya yang diteliti Sopos:
  1. Flash On Calls & Messages
  2. Read QR Code
  3. Imagine Magic
  4. Generate Elves
  5. Savexpense
  6. QR Artifact
  7. Find Your Phone: Whistle
  8. Scavenger --- speed guard
  9. Auto Cut Out Pro
  10. Background Cut Out
  11. Photo Background
  12. ImageProcessing
  13. Background Cut Out New
  14. Auto Cut Out
  15. Auto Cut Out 2019

Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya

Lihat review aplikasi terlebih dulu sebelum menggunakan, meski terkadang komentar yang tertera kurang sesuai, namun setidaknya itu sedikit membantu.

Hanya gunakan aplikasi yang tersedia di Play Store, karena pihak Google akan secara berkala melakukan uji aplikasi dan menghapusnya jika dianggap tidak layak.

Sebisa mungkin, jangan mendownload aplikasi premium yang di modifikasi. Karena aplikasi yang dimodifikasi biasanya disisipkan script berbahaya.

No comments:

Post a Comment