Skip to main content

Harga dan Spesifikasi Advan G3 Pro, Bukan Smartphone Murahan

Advan beberapa waktu yang lalu telah resmi merilis smartphone terbarunya yaitu Advan G3 Pro, generasi penerus dari Advan G3 dengan spesifikasi serta fitur yang lebih baik.

Setelah sukses dengan smartphone yang sebelumnya bekerjasama dengan Harman Kardon, Advan mulai berani membuat produk yang bisa bersaing di pasar smartphone entry level.

Advan G3 Pro seolah menjadi sebuah penantang bagi brand lain, dimana smartphone lokal ini menawarkan hasil video yang selama ini hanya ditawarkan oleh Sony.

Bukan mengenai kualitas gambar ataupun ketajaman warna, tapi ada nilai jual lain yang layak untuk diperhitungkan.

Kemampuan rekam video ini bisa menjadi andalan Advan G3 Pro, terutama untuk merayu para vlogger pemula yang hanya bermodalkan smartphone.

Sejauh ini, produk smartphone lokal masih belum ada yang menawarkan sesuatu yang istimewa. Tapi dengan harga yang sesuai, bisa jadi Advan G3 Pro ini akan menjadi pioner.

Soal desain, boleh dibilang biasa saja. Masih menganut model yang sedang tren, dan belum ada yang menjual dari bagian ini.

Kamera pun masih terlalu standar jika dibanding kompetitor, begitupun dengan spesifikasi. Tapi bagi yang paham tentu akan mengerti ada nilai jual menarik dari Advan G3 Pro.

advan_g3_pro

Spesifikasi Lengkap Advan G3 Pro

Advan G3 Pro hadir dengan layar lebar 6.3 inch, memiliki resolusi 1520x720 HD+ dengan rasio 18:9, layar bertipe IPS 2.5D Glass, ukuran body 161.3 x 76.7 x 8.55 mm.

Memori yang disematkan berkapasitas 64 GB dan bisa diperbesar dengan eksternal memori tipe micro sd hingga 128 GB, serta RAM dengan kapasitas 4 GB.

Sistem operasi yang digunakan Android versi 9.0, dibalut dengan rom IDOS 9S.12.

Dari segi hardware, Advan G3 Pro dibekali dengan chipset SC9853A, prosesor OctaCore A55 berkecapatan 1.6GHz+1.2GHz, serta GPU IMG8322 up to 550MHz.

Sensor yang disematkan cukup lengkap, yaitu: Fingerprint, Face ID, Light Sensor, Accelerometer, Magnetometer, Distance, Barometer. Belum tersedia NFC, tapi ini wajar.

Membahas kamera, Advan G3 Pro dibekali kamera dengan resolusi 12 MP kamera utama serta kamera pendukung berukuran 2 MP. Untuk kamera depan berukuran 8 MP.

Hal menarik mengenai kamera Advan G3 Pro bukan soal hasil foto yang dihasilkan, dengan kamera resolusi sekecil itu apa yang bisa diharapkan.

Tapi, sesuatu yang istimewa ada pada hasil rekaman video. Bukan kualitas rekaman yang mencapai 1080p pada 30 fps, melainkan kestabilan video.

Ya, hasil rekaman video Advan G3 Pro sangat berkualitas. Stabilizer video yang ditanamkan benar-benar menjadi pembeda di smartphone murah meriah ini.

Dibandingkan dengan kompetitor bahkan direntang harga 3 juta, Advan G3 Pro memiliki kualitas video yang sangat baik.

Mengarah ke daya tahan, smartphone ini tidak akan bertahan lama mengingat hanya ditenagai baterai dengan kapasitas 3000 mAh.

Harga Advan G3 Pro

Smartphone andalah baru Advan ini bermain pada segmen entry-level, sehingga harga yang dipatok pun tidak terlalu tinggi.

Advan G3 Pro dibanderol di rentang harga 1.7 juta. Dan dijual secara official melalui beberapa toko online lokal.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau mengingat kemampuan Advan G3 Pro dalam merekam video. Dimana fitur seperti itu hampir tidak ada pada smartphone kelas menengah.

advan_g3_pro

Kelebihan dan Kekurangan Advan G3 Pro

Kelebihan Advan G3 Pro ada pada kemampuan merekam video, selebihnya sangat standar bahkan cenderung kurang. Tapi, jika smartphone ini dibundling dengan earphone JBL tentu akan menarik.

Kekurangan yang sangat mencolok ada pada prosesor, GPU, serta baterai. Dengan hardware seperti itu tentu mustahil untuk bisa digunakan bermain game.

Mengenai sistem operasi, semestinya Advan membenamkan Android 10 dan tanpa ROM. Artinya adalah menyertakan Android murni.

Jika saja Android yang disertakan adalah versi terbaru, bisa jadi ini akan menjadi nilai tambah yang bisa menjual.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Listrik Anjlok Tanpa Tambah Daya

Listrik merupakan kebutuhan primer yang sudah tidak bisa dibendung lagi, terlebih sekarang ini hampir semua menggunakan daya listrik.

Pemasangan listrik baru mungkin untuk beberapa wilayah sudah tidak lagi mendukung paket 1 atau paket terendah dari PLN. Sehingga tidak masalah jika memiliki kebutuhan daya listrik berlebih.

Berbeda dengan yang masih menggunakan paket 1, jika menyalakan TV, Kulkas, Setrika, Pompa air (sanyo) kemungkinan besar listrik akan padam (anjlok / jeglek).

Hal ini wajar karena daya listrik rendah namun diminta untuk output yang besar, solusinya kadang sebagian memilih untuk tidak menyalakan semua secara bersamaan.

Tapi, apakah akan mampu bertahan dengan sistem bergantian seperti itu. Dimana setiap hari harus mengalah untuk kebutuhan tertentu.

Mungkin bisa saja bertahan, mungkin juga tidak. Tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Listrik paket 1 menawarkan daya 450 watt, kecil namun sebanding dengan tagihan yang murah, karena merupakan listrik subsidi.

Murah tap…

Lenovo Ideapad S130, Laptop Murah untuk Pelajar

Lenovo merupakan salah satu brand laptop yang cukup besar di Indonesia, mulai dari produk entry-level hingga gaming semua tersedia. Ideapad S130 sebuah laptop kelas entry yang cukup menarik, dimana laptop ini tergolong ringan dengan fitur cukup lengkap.
Harga murah sudah pasti, dan bisa digunakan untuk kerja. Perlu digaris bawahi, hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik, presentasi, browsing, dan sebagainya.
Cocok untuk kalangan pelajar, terlebih jika hanya digunakan untuk hal yang tidak terlalu berat. Misalnya dipakai ujian nasional yang berbasis komputer. Selain itu juga sesuai bagi para blogger yang hanya butuh perangkat untuk menulis, dan melakukan editing gambar sederhana.

Spesifikasi Lenovo Ideapad S130 Lenovo Ideapad S130 menggunakan prosesor Intel Celeron N4000, prosesor tipe lama. Didukung RAM 4GB LPDDR 4 2400 on Board, dengan penyimpanan bawaan berkapasitas 128GB SSD tipe M.2 NVME PCIE, serta grafis bawaan Intel.
Tidak terlalu mengecewakan, kinerja Ideapad S130 tergol…