MacOS Catalina Sudah Tersedia, Selamat Tinggal iTunes!

Apple resmi rilis MacOS Catalina sebagai sistem operasi terbaru menyusul iOS 13 yang sudah lebih dulu diluncurkan. Sayangnya, ini juga menandai bahwa aplikasi iTunes tidak lagi tersedia.

iTunes merupakan aplikasi legendaris yang sudah menemani macOS dalam beberapa generasi, sekarang digantikan oleh aplikasi Apple TV, Apple Music serta Podcasts.

Melihat perkembangan zaman, iTunes memang sudah terlalu tua untuk dipertahankan. Keputusan untuk mematikan iTunes melalui macOS Catalina merupakan sebuah langkah cerdas.

Sebagai gantinya, tiga aplikasi pengganti yang diluncurkan akan benar-benar menjadi pengalaman baru bagi para penggunanya.

Apple Music akan fokus pada urusan streaming music, Apple TV memungkinkan pengguna menonton dan mengunduh film secara legal, sementara Podcasts menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan podcast.

"Masa depan iTunes itu bukan satu aplikasi, tapi tiga. Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV," kata Wakil Presiden Senior dari divisi pengembangan piranti lunak Apple, Craig Federighi sebagaimana dikutip dari AFP.

iTunes diperkenalkan 18 tahun lalu di Maworld Expo 2001 dan menjadi solusi bagi industri musik untuk menghadapi pembajakan. Kemudian berkembang dengan menydiakan layanan film, musik hingga televisi.

MacOS_Catalina

Fitur Macos Catalina

Dalam pembaruannya macOS terbaru menawarkan banyak fitur baru yang tidak tersedia pada sistem operasi sebelumnya. MacOS Catalina seolah menjadi acuan baru untuk sistem operasi PC/laptop.

Meski demikian, tidak semua pengguna membutuhkan dan memanfaatkan fitur-fitur baru ini. Karena tidak sedikit yang hanya menggunakan untuk keperluan office serta editing video sederhana.

MacOS_Catalina


Berikut fitur-fitur baru yang terdapat pada MacOS Catalina:

Sidecar

Memanfaatkan layar iPad sebagai monitor eksternal. Atau dijadikan seperti tablet Wacoom, sehingga memungkinkan pengguna menggambar langsung di permukaan iPad menggunakan Apple Pencil.

Find My

Berbeda dengan aplikasi sebelunya, Find My yang baru menggabungkan Find My Friends dan Find My iPhone. Ini juga membawa fungsi baru untuk membantu menemukan perangkat meski dalam kondisi offline.

Apple Arcade

Setelah sebelumnya tersedia di iOS 13 dan iPadOS, layanan Apple Arcade sekarang tersedia di MacOS, serta bisa menggunakan controler Xbox atau PS4 DualShock.

Accessibility

Fitur Voice Control yang baru memungkinkan pengguna untuk menavigasi MacOS dengan suara.

Pembaruan Aplikasi

Aplikasi yang diperbarui dengan membawa sejumlah peningkatan meliputi Photos, Reminder, Mail, dan Safari. Ada juga peningkatan keamanan seperti Gatekeeper dan Activation Lock untuk perangkat MacOS dengan chip T2.

MacOS_Catalina

Daftar Perangkat yang Mendukung Upgrade MacOS Catalina

Menurut informasi yang beredar, MacBook keluaran tahun 2015 bisa di perbarui ke MacOS Catalina. Untuk MacBook Pro dan MacBook Air minimal adalah produk keluaran 2012 ke atas.

Dari data yang sudah ada, hampir semua produk Apple mampu menjalankan MacOS Catalina. Dengan catatan ada batas minimun tahun produksi yaitu tahun 2012.

Sementara untuk produk keluaran 2017 disebutkan semuanya mampu menjalankan MacOS Catalina dengan baik. Informasi selengkapnya dapat disimak melalui tautan berikut ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MacOS Catalina Sudah Tersedia, Selamat Tinggal iTunes!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel