Membandingkan Whatsapp Desktop dengan WhatsApp Web

WhatsApp aplikasi layanan pengiriman pesan yang bisa dikatakan paling populer untuk saat ini, selain hadir pada smartphone juga tersedia untuk PC/desktop dalam bentuk native aplikasi dan web.

Baik versi aplikasi maupun web, keduanya sama persis. Tidak ada fitur yang membedakan, hanya mungkin masalah praktis dan mengikuti perkembangan zaman.

Sayangnya, browser pun bisa digunakan untuk membuat shortcut link web yang bisa diatur untuk membuka jendela baru khusus link tersebut.

Dengan fungsi serta fitur yang sama, bukankah ada hal aneh dengan kehadiran WhatsApp desktop app?

Bahkan dengan menggunakan browser untuk mengakses WhatsApp Web tidak perlu menginstall aplikasi baru yang tentu akan membuat disk space berkurang.

whatsapp

Kelebihan WhatsApp Desktop App

WhatsApp Desktop memungkinkan pengguna membuka pesan lebih cepat karena terdapat shortcut yang bisa langsung dijalankan.

Meski proses masuk dan seluruh fiturnya tidak ada perbedaan dengan versi web, tapi tidak bisa dipungkiri dengan adanya ikon pada desktop itu merupakan nilai lebih.

Aplikasinya pun tergolong ringan, tapi memang sudah semestinya seperti itu karena antarmuka yang ditawarkan seolah merupakan direct akses.

whatsapp

Kekurangan WhatsApp Desktop App

Logika paling dasar, apabila banyak menjalankan aplikasi atau program secara bersamaan, maka otomatis cpu akan bekerja ekstra dan memakan banyak resource ram.

Antarmuka sama persis dengan versi web, tidak tersedia fitur yang mirip seperti aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk call serta video call.

Dengan menginstall aplikasi baru artinya harus mengurangi kapasitas penyimpanan.

Perlu diketahui, jika kapasitas penyimpanan yang tersedia kurang dari 30% total kapasitas, maka akan menganggu kinerja komputer/laptop dan menjadi lambat.

Kelebihan WhatsApp Web

Tidak perlu menginstall aplikasi baru, bisa langsung dijalankan melalui browser dan bisa dibuat menjadi shortcut sehingga nampak seperti sebuah aplikasi.

Spesifikasi tergantung pada browser yang digunakan, asumsinya semakin banyak tab browser yang dibuka maka akan menjadi berat.

Terlihat sederhana dan tidak membuat cache baru karena dijalankan melalui browser, yang artinya cache adalah berkas dari browser.

whatsapp_web

Kekurangan WhatsApp Web

Sama seperti WhatsApp Desktop, tidak tersedia fitur panggilan. Proses masuk yang terlalu ribet, andaikan bisa dijalankan tanpa scan Qrcode maka akan lebih baik.

Terkadang akses terlalu berat, dan seperti ada delay dalam menerima atau mengirim pesan.

Kekurangan WhatsApp Web dan Desktop App

Proses masuk yang rumit, hanya terhubung jika WhatsApp pada smartphone aktif. Sejauh ini dua hal itu adalah kekurangan yang bisa dikatakan membuat kurang nyaman.

Sisanya, seperti fitur panggilan semestinya bisa dianggap wajar. Tapi andaikan tersedia fitur panggilan, itu akan jauh lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membandingkan Whatsapp Desktop dengan WhatsApp Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel