Skip to main content

Mengatasi Listrik Anjlok Tanpa Tambah Daya

Listrik merupakan kebutuhan primer yang sudah tidak bisa dibendung lagi, terlebih sekarang ini hampir semua menggunakan daya listrik.

Pemasangan listrik baru mungkin untuk beberapa wilayah sudah tidak lagi mendukung paket 1 atau paket terendah dari PLN. Sehingga tidak masalah jika memiliki kebutuhan daya listrik berlebih.

Berbeda dengan yang masih menggunakan paket 1, jika menyalakan TV, Kulkas, Setrika, Pompa air (sanyo) kemungkinan besar listrik akan padam (anjlok / jeglek).

Hal ini wajar karena daya listrik rendah namun diminta untuk output yang besar, solusinya kadang sebagian memilih untuk tidak menyalakan semua secara bersamaan.

Tapi, apakah akan mampu bertahan dengan sistem bergantian seperti itu. Dimana setiap hari harus mengalah untuk kebutuhan tertentu.

Mungkin bisa saja bertahan, mungkin juga tidak. Tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Listrik paket 1 menawarkan daya 450 watt, kecil namun sebanding dengan tagihan yang murah, karena merupakan listrik subsidi.

Murah tapi dengan segala keterbatasan. Untuk kehidupan modern dimana hampir semua peralatan menggunakan listrik, jelas 450 watt bukan sebuah pilihan.

Logikanya, untuk era saat ini minimal pemasangan adalah paket 2 yaitu 900 watt. Tapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tambah_Daya_Listrik

Solusi Listrik Jeglek Tanpa Tambah Daya

Memilih untuk menambah daya memang merupakan pilihan terbaik, karena selain untuk menhindari listrik anjlok, juga akan berguna jika suatu hari memiliki kebutuhan listrik lebih.

Tapi, untuk pemasangan atau pelayanan upgrade paket listrik tidak semudah yang dibayangkan. Serta biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Mungkin di beberapa kawasan ada layanan upgrade paket yang gratis, mungkin juga pihak PLN telah secara resmi memberitahukan harga yang terjangkau bagi masyarakat yang hendak menambah daya.

Faktanya, ada banyak oknum (ingat ini adalah oknum) pegawai/petugas yang kadang meminta bayaran bahkan lebih dari harga pemasangan.

Solusinya, kadang ada memilih untuk memasang alat misalnya sejenis UPS atau semacamnya. Bahkan mungkin memasang listrik cadangan yang khusus digunakan untuk keperluan tertentu.

Memasang listrik cadangan seperti itu tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal, dan mungkin konfigurasi yang rumit.

Pilihan yang diharapkan adalah harga murah, dan mampu mengatasi masalah listrik sering mati / anjlok dengan rasio keberhasilan diatas 75%.

Soft Start / softstart, alat tambahan sederhana ini bisa sangat membantu. Harganya terjangkau, bahkan ada yang dibawah Rp.100.000.

Tambah_Daya_Listrik

Soft Start Inverator Solusi Listrik tanpa Tambah Daya

Soft Start atau soft starter ada bermacam-macam, mulai dari harga Rp.50.000 sampai jutaan. Biasanya yang menyentuh angka Rp.300.000 ke-atas sudah mendukung stabilizer.

Soft start bekerja dengan cara menahan arus listrik, sehingga perangkat elektronik yang membutuhkan daya besar ketika dinyalakan akan mengkonsumsi listrik lebih rendah.

Asumsinya, untuk listrik paket 1, jika disebuah rumah ada kulkas, mesin air / sanyo yang menyala bersamaan, kemudian hendak menyalakan komputer maka otomatis listrik akan anjlok dan mati.

Berbeda ketika ditambahkan soft start, karena daya awal yang dibutuhkan menjadi tidak terlalu besar sehingga listrik tidak akan anjlok / jeglek.

Diantara peralatan berikut: kulkas, sanyo, tv, komputer. Sanyo atau pompa air adalah yang paling parah. Tegangan awal yang dibutuhkan cukup besar, sehingga bisa menyebabkan jeglek.

Mengenal Soft Start / Selow Start / Inverator

Alat sederhana ini bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan mungkin lebih mahal harga 7 bungkus rokok, tapi memiliki efektivitas yang lumayan.

Soft start yang dijual dengan harga murah konfigurasinya sangat sederhana, jadi tidak perlu kaget jika isi dari soft start terlihat seperti kabel yang disambung dengan batu atau semen.

Kenyataannya memang kebanyakannya demikian itu susunan dari soft start. Tapi, sudah terbukti mampu mengurangi lonjakan listrik sehingga tidak terjadi listrik jeglek atau anjlok.

Sudah terbukti?, jawabannya sudah.

Kami menguji secara real dengan soft start seharga Rp.69.000, bentuknya kotak kecil dan digunakan untuk mengurangi lonjakan daya dari komputer.

Hasilnya, listrik 1 paket (450 watt) mampu menjalankan kulkas, komputer full set, pompa air, dan lampu-lampu rumah. Meski terkadang jika sanyo dinyalakan paling akhir kadang masih jeglek.

Tapi secara keseluruhan, alat murah ini efektif. Sebelum menggunakan soft start, kami bahkan tidak bisa menyalakan komputer kecuali kulkas dimatikan.

Soft_start


Catatan

Soft Start bukanlah alat yang bisa meningkatkan daya listrik, alat ini hanya bekerja dengan mengurangi tegangan awal dari sebuah elektronik.

Dengan berkurangnya tegangan awal, maka lonjakan arus listrik pun berkurang.

Uji yang kami lakukan adalah pada kondisi rumah dengan listrik paket 1 (450 watt), dengan kebutuhan standar rumahan seperti sanyo, kulkas, tv serta komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Harga dan Spesifikasi Advan G3 Pro, Bukan Smartphone Murahan

Advan beberapa waktu yang lalu telah resmi merilis smartphone terbarunya yaitu Advan G3 Pro, generasi penerus dari Advan G3 dengan spesifikasi serta fitur yang lebih baik.

Setelah sukses dengan smartphone yang sebelumnya bekerjasama dengan Harman Kardon, Advan mulai berani membuat produk yang bisa bersaing di pasar smartphone entry level.

Advan G3 Pro seolah menjadi sebuah penantang bagi brand lain, dimana smartphone lokal ini menawarkan hasil video yang selama ini hanya ditawarkan oleh Sony.

Bukan mengenai kualitas gambar ataupun ketajaman warna, tapi ada nilai jual lain yang layak untuk diperhitungkan.

Kemampuan rekam video ini bisa menjadi andalan Advan G3 Pro, terutama untuk merayu para vlogger pemula yang hanya bermodalkan smartphone.

Sejauh ini, produk smartphone lokal masih belum ada yang menawarkan sesuatu yang istimewa. Tapi dengan harga yang sesuai, bisa jadi Advan G3 Pro ini akan menjadi pioner.

Soal desain, boleh dibilang biasa saja. Masih menganut model yang sedang tren, …

Lenovo Ideapad S130, Laptop Murah untuk Pelajar

Lenovo merupakan salah satu brand laptop yang cukup besar di Indonesia, mulai dari produk entry-level hingga gaming semua tersedia. Ideapad S130 sebuah laptop kelas entry yang cukup menarik, dimana laptop ini tergolong ringan dengan fitur cukup lengkap.
Harga murah sudah pasti, dan bisa digunakan untuk kerja. Perlu digaris bawahi, hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik, presentasi, browsing, dan sebagainya.
Cocok untuk kalangan pelajar, terlebih jika hanya digunakan untuk hal yang tidak terlalu berat. Misalnya dipakai ujian nasional yang berbasis komputer. Selain itu juga sesuai bagi para blogger yang hanya butuh perangkat untuk menulis, dan melakukan editing gambar sederhana.

Spesifikasi Lenovo Ideapad S130 Lenovo Ideapad S130 menggunakan prosesor Intel Celeron N4000, prosesor tipe lama. Didukung RAM 4GB LPDDR 4 2400 on Board, dengan penyimpanan bawaan berkapasitas 128GB SSD tipe M.2 NVME PCIE, serta grafis bawaan Intel.
Tidak terlalu mengecewakan, kinerja Ideapad S130 tergol…