Potensi FaceBook Gaming Menggantikan Dominasi Youtube

Facebook raksasa sosial media yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, sekarang ini membuka pasar bagi para streamer dan gamer.

Facebook Gaming sebuah wadah baru untuk mendapatkan penghasilan dari konten video. Jika sebelumnya dominan memilih untuk menggunakan Youtube, bisa jadi sekarang akan berganti.

Ketatnya aturan Youtube bagi para content creator seolah menjadi alasan lain mengapa Facebook Gaming cepat populer dan menjadi incaran banyak orang.

Sayangnya, untuk sekarang ini Facebook Gaming hanya membuka lahan bagi para streamer game. Tentu ini masih merupakan celah dan sedikit mengecewakan bagi sebagian orang.

Meski begitu, lahan Facebook ini bisa jadi akan semakin meluas. Artinya, mungkin saja akan ada perubahan regulasi yang tidak mengharuskan untuk konten game.

Baik FaceBook maupun Youtube, keduanya memiliki aturan yang ketat. Namun, dengan tawaran penghasilan yang menggiurkan, Facebook Gaming dengan cepat dikenal dan menjadi lahan incaran.

Sejak pertengahan 2017, konten game memang menjadi sangat populer. Hal itu tidak terlepas dari hagemoni game mobile yang menjarah para pengguna Android.

Dengan semakin banyaknya jumlah developer game yang terjun ke mobile gaming, maka potensi live streaming game akan bertahan cukup lama.

Berbeda dengan periode sebelumya, dimana dibutuhkan banyak biaya untuk menjadi seorang streamer. Sekarang semua bisa dilakukan hanya dengan bermodal smartphone.

facebook_gaming

FaceBook Gaming Kalahkan Youtube

Melihat jumlah pengguna Facebook yang sangat besar, terutama di Indonesia. Ada kemungkinan kehadiran Facebook Gaming akan mengganggu pasar Youtube.

Lebih jauh, FaceBook mungkin tidak hanya menganggu. Tapi bahkan akan membunuh pasar streaming Youtube dikalangan gamer.

Acuan yang bisa membuat semua kemungkinan itu terjadi adalah soal penghasilan. Ya, FaceBook tidak main-main dalam menawarkan nominal bagi para streamer.

Untuk kelas pemula, Facebook berani memberikan iming-iming penghasilan senilai belasan juta. Mungkin tidak terlalu besar bagi para Youtuber yang sukses.

Tapi, angka belasan juta tentu sangat menarik para pemain baru. Terlebih, pengguna Facebook berada pada berbagai kalangan usia dan sosial.

FaceBook Gaming Pasar Baru Bagi Streamer

Sejak era game Android mulai populer, aktivitas live streaming seolah menjadi trend bahkan menjadi sebuah pekerjaan baru.

Faktor kemudahan serta modal yang tidak terlalu besar menjadikan banyaknya streamer meningkat drastis.

Jika dulu para streamer membutuhkan perangkat yang cukup mahal, koneksi internet yang terbilang mahal, semua itu seolah terhapus berkat ramainya pengguna game di Android.

Tidak hanya para gamer, kelas penggemar pun banyak yang terjun menjadi streamer. Sekedar menayangkan gamer idolanya atau bahkan menjadi komentator pertandingan game.

Beberapa tahun terkahir Youtube berkuasa penuh untuk konten seperti ini, namun dengan adanya Facebook Gaming bisa jadi ketenaran Youtube akan terganggu.

facebook_gaming

Sulitnya Persyaratan FaceBook Gaming

Facebook menawarkan bayaran yang sangat besar, tapi semua itu seolah menjadi hal yang sangat sulit ketika dihadapkan dengan persyaratan yang diajukan.

Demikian pula dengan Youtube, yang semakin hari persyaratannya semakin sulit untuk dipenuhi. Namun, dengan pasar yang masih baru bukan tidak mungkin Facebook akan menjadi trend baru.

Faktanya, meski persyaratan untuk menjadi streamer Facebook cukup susah, ada banyak gamer yang mulai beralih ke Facebook Gaming sesaat setelah layanan tersebut diluncurkan.

Sama seperti layanan streaming lainnya, ketika awal kemunculannya maka akan langsung mejadi incaran para gamer terutama gamer amatir.

Hal itu wajar, mengingat begitu sulitnya menembus pasar Youtube yang sekarang ini masih mendudukui popularitas tertinggi sebagai lahan stream serta konten video.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Potensi FaceBook Gaming Menggantikan Dominasi Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel