Skip to main content

Samsung Pay Kolaborasi dengan DANA dan GoPay

Samsung berkolaborasi dengan DANA serta GoPay untuk menghadirkan Samsung Pay. Kemudahan penggunaan hanya dengan "swipe dan tap" menjadi nilai jualnya.

Berbeda dengan digital payment / e-payment pada umumnya, Samsung Pay bukan sebuah alat pembayaran. Melainkan sebuah wadah yang memudahkan penggunaan uang elektronik.

Selama proses launching Samsung Pay, turut hadir pula perwakilan dari DANA dan GoPay sebagai mitra usaha. Sekaligus membuktikan bahwa Samsung hanya mendukung dua alat pembayarat itu.

Kabarnya, semua smartphone Samsung yang sudah menggunakan Android 9 bisa menjalankan Samsung Pay dengan baik. Sedangkan untuk produk baru akan otomatis terinstall.

Pihak Samsung mengatakan bahwa, untuk saat ini alat tukar yang bisa digunakan hanya DANA dan GoPay. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan mendungkung lebih banyak.

Selain itu, mereka juga menuturkan bahwa kolaborasi ini terjadi berkat kepercayaan Samsung terhadap teknologi DANA yang dinilai aman dan scalable.

DANA sendiri merupakan pemain baru, atau bisa dikatakan perusahaan muda namun mampu menunjukkan kualitasnya. Terbukti banyak yang memilih berkolaborasi dengan DANA.

samsung_pay

Dompet Digital Samsung Pay

Samsung Pay berbeda dengan e-wallet, ini hanya sebuah dompet yang menggunakan layanan pihak ketiga untuk melakukan pembayaran.

Artinya, pengguna tidak bisa membayar tagihan belanja menggunakan Samsung Pay. Tapi, pengguna bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan DANA atau GoPay melalui aplikasi Samsung Pay.

Terlihat lebih mudah?, dalam kondisi tertentu mungkin ini memudahkan konsumen. Tapi dalam kasus lain, ini malah mempersulit.

Samsung Pay kabarnya disesuaikan dengan perkembangan internet di Indonesia, dikembangan oleh Samsung Indonesia, dan untuk pasar Indonesia.

Tujuannya untuk memudahkan para konsumen Samsung, tapi ini lebih terlihat seperti sebuah aplikasi yang mungkin hampir tidak akan memiliki banyak pengguna.

Samsung Pay untuk Memudahkan Konsumen

Ada hal aneh dengan tag line memudahkan konsumen atau pengguna. Aplikasi Samsung Pay akan otomatis menjadi bloatware yang secara otomatis terintall pada perangkat smartphone Samsung.

Arahnya bisa ditebak, ini seperti mengharapkan aga para konsumen Samsung untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tapi, mengingat bahwa Samsung Pay bukanlah sebuah e-payment melainkan hanya sebuah wadah yang menampung alat pembayaran, secara teori bukankah malah akan mempersulit pengguna.

Asumsinya, Anda berbelanja online dan akan membayar menggunakan e-payment (DANA) maka langsung membuka aplikasi tersebut akan lebih cepat dan mudah.

Samsung Pay?, Ya, pengguna bisa melakukan pembayaran tapi ujungnya akan menggunakan layanan lain. Jika demikian, menggunakan aplikasi resmi e-payment lebih mudah seharusnya.

samsung_pay

Menerka Pasar Pengguna Samsung Pay

Karena ini merupakan aplikasi dari Samsung, kemungkinan terbesar pengguna Samsung Pay adalah para pemilik smartphone Samsung.

Terlepas dari tag line kemudahan penggunaan dan sebagainya, pembayaran secara langsung dengan menggunakan e-payment atau e-wallet akan lebih mudah.

Membandingkan dua alasan tersebut, sepertinya akan sulit bagi Samsung Pay untuk bisa bersaing menjadi sebuah dompet digital.

Namun bisa jadi ini merupakan strategi marketing, bukan Samsung Pay melainkan ada hal lain yang akan di unggulkan. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Listrik Anjlok Tanpa Tambah Daya

Listrik merupakan kebutuhan primer yang sudah tidak bisa dibendung lagi, terlebih sekarang ini hampir semua menggunakan daya listrik.

Pemasangan listrik baru mungkin untuk beberapa wilayah sudah tidak lagi mendukung paket 1 atau paket terendah dari PLN. Sehingga tidak masalah jika memiliki kebutuhan daya listrik berlebih.

Berbeda dengan yang masih menggunakan paket 1, jika menyalakan TV, Kulkas, Setrika, Pompa air (sanyo) kemungkinan besar listrik akan padam (anjlok / jeglek).

Hal ini wajar karena daya listrik rendah namun diminta untuk output yang besar, solusinya kadang sebagian memilih untuk tidak menyalakan semua secara bersamaan.

Tapi, apakah akan mampu bertahan dengan sistem bergantian seperti itu. Dimana setiap hari harus mengalah untuk kebutuhan tertentu.

Mungkin bisa saja bertahan, mungkin juga tidak. Tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Listrik paket 1 menawarkan daya 450 watt, kecil namun sebanding dengan tagihan yang murah, karena merupakan listrik subsidi.

Murah tap…

Harga dan Spesifikasi Advan G3 Pro, Bukan Smartphone Murahan

Advan beberapa waktu yang lalu telah resmi merilis smartphone terbarunya yaitu Advan G3 Pro, generasi penerus dari Advan G3 dengan spesifikasi serta fitur yang lebih baik.

Setelah sukses dengan smartphone yang sebelumnya bekerjasama dengan Harman Kardon, Advan mulai berani membuat produk yang bisa bersaing di pasar smartphone entry level.

Advan G3 Pro seolah menjadi sebuah penantang bagi brand lain, dimana smartphone lokal ini menawarkan hasil video yang selama ini hanya ditawarkan oleh Sony.

Bukan mengenai kualitas gambar ataupun ketajaman warna, tapi ada nilai jual lain yang layak untuk diperhitungkan.

Kemampuan rekam video ini bisa menjadi andalan Advan G3 Pro, terutama untuk merayu para vlogger pemula yang hanya bermodalkan smartphone.

Sejauh ini, produk smartphone lokal masih belum ada yang menawarkan sesuatu yang istimewa. Tapi dengan harga yang sesuai, bisa jadi Advan G3 Pro ini akan menjadi pioner.

Soal desain, boleh dibilang biasa saja. Masih menganut model yang sedang tren, …

Download dan Install Ubuntu 19.10 Eoan Ermine

Ubuntu 19.10 Eoan Ermine telah resmi rilis pada 17 Oktober 2019 kemarin. Terdapat fitur serta sistem baru dimana sudah disertakan NVIDIA  driver pada iso instalasi.

Sesuai dengan jadwal yang sudah dipublikasi pada wiki Ubuntu, bahwa pada tanggal 17 Oktober merupakan hari rilis versi terbarunya.

Terdapat pula berbagai pilihan, jika pengguna kurang menyukai Ubuntu Gnome, maka ada pilihan yaitu Kubuntu, Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu Mate, serta Ubuntu Budgie.

Jika sebelumnya sudah menggunakan Ubuntu 19.04, pengguna bisa dengan mudah melakukan upgrade ke versi terbaru Eoan Ermine.

Berbeda jika menggunakan versi yang lebih lama, dimana diharuskan untuk melakukan install ulang untuk menghindari kemungkinan error, mengingat struktur sistem agak berbeda.

Ubuntu 19.10 bukan versi LTS (Long Term Support), artinya tidak akan mendapat pembaruan untuk jangka waktu yang lama.

Ubuntu 19.10 Eoan Ermine akan mendapat update aplikasi, perbaikan bug, serta pembaruan sistem keamanan sekitar 9 bulan.

Jadi, jik…